MENU MAKANAN KHAS JEPARA

Jepara adalah nama Kabupaten yang ada di Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil atau permbuat ukiran seni rupa yang unik dan bagus, tidak hanya itu di Jepara juga memiliki wisata alam yang sangat banyak.

Mulai dari berbagai pantai yang indah dan biru, seperti pantai Karimun Jawa, pantai Kartini, Pantai bandengan, pantai Benteng portugis, dll , dan gunung-gunung yang membuat kamu menyatu dengan alam sampai air terjun yang indah dan berada di berbagai titik di Jepara. Namun kalau kamu berkunjung atau berwisata ke Jepara jangan lupakan satu hal.

Apa itu? Menu makanan khasnya, ya makanan khas Jepara sangat enak dan beragam, meskipun ada beberapa makanan yang bisa kamu beli dan nikmati didaerah lain tapi kamu akan merasakan hal yang beda jika kamu menikmati dan membelinya langsung di Jepara.

Sebelum kamu melangkahkan menuju Kabupaten Jepara, dan menikmati menu makanan khas nya kamu harus tahu dulu apa saja menu makanan khas Jepara yang enak dan popular. Jadi ketika kamu berkunjung ke Jepara kamu tidak pusing lagi mau makan apa, berikut adalah menu makanan khas Jepara.

1. Horog-horog 

Horok-horok adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Makanan ini tergolong langka, dikarenakan Horok-horok umumnya sangat sulit kita temui kalau di luar Jepara. Horok-horok umumnya dimakan dengan sate kikil, soto, bakso, gulai, dan sayur pecel. Selain itu dapat juga dimakan dengan diberi santan dan sedikit gula pasir, seperti bubur. Bahan pokok Horok-horok adalah tepung yang terbuat dari pohon aren, makanan ini sudah populer semenjak masa peperangan.

Yang unik adalah metode ketika mengambil bubuk dari pohon arennya, biasanya para pembuat horok-horok akan menggunakan sisir. Sehingga horok-horok mempunyai bentuk butiran-butiran kecil menyerupai busa styrofoam yang kenyal dengan rasa sedikit asin.

Untuk memperoleh pohon aren yang akan digunakan untuk membuat Horok-horok, para perajin asal Jepara akan berburu sampai ke luar daerah, seperti ke Rembang, Pati dan Blora. Tepung aren ini, setelah dibersihkan, kemudian dikukus hingga matang. Dan setelah didinginkan, horok-horok akan bertekstur kenyal.

Bagi masyarakat Jepara Horok-horok merupakan sumber karbohidrat masyarakat Jepara sebagai pengganti nasi atau lontong.






Apabila sejak tadi yang kita bahas adalah jajanan khas Jepara, maka kali ini bukan jajanan melainkan menu utama makanan. Pindang Serani telah diakui oleh para pecinta kuliner dari penjuru negeri karena mempunyai rasa yang sedap, terutama pada kuahnya yang khas.

Pindang ini bisa dibuat dari berbagai macam jenis ikan, bisa bandeng, nila, mujair, patin maupun jenis ikan yang bisa diolah lainnya dengan cara direbus dan diberi bumbu ‘rahasia’ serani.

Meskipun tanpa santan, kuah dari Pindang Serani ini tetap beraroma sedap karena bumbu itu tadi. Penyajiannya biasa disandingkan dengan nasi putih hangat bersama sambal dan lalapan.




3. Rondho Royal

Monyos atau yang memiliki nama keren Rondho Royal adalah salah satu jajanan (lagi) tradisional dari kota Jepara.

Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan tape lalu digoreng sehingga ia mempunyai cita rasa yang unik. Asin, asam dan manis dapat anda rasakan sekaligus.


Monyos lebih nikmat apabila disajikan dalam keadaan panas. Anda bisa menjumpai penjual-penjual Rondho Royal di pasar-pasar tradisional Jepara.



Demikian salah satu menu makanan khas jepara. jadi kalau liburan ke Jepara jangan lupa menyicipi makanan khas Jepara.

0 Response to "MENU MAKANAN KHAS JEPARA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef